Profil IPDN

Jatinangor, minggu 23 Juli 2017 bertempat di Balairung Rudini IPDN Kampus Jatinangor. Gubernur IPDN Prof. Dr. Ermaya Suradinata, S.H, M.H, M.S menyambut kehadiran Bapak Tjahjo Kumolo, S.H Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Sekitar pukul 19.05 WIB, Mendagri beserta rombongan memasuki Balairung Rudini. Acara halal bihalal ini dihadiri oleh 282 orang civitas academica Kampus IPDN Jatinangor, 3.987 Praja IPDN serta Dirut dan seluruh Kabag TU Kampus IPDN Daerah. Sehingga total 4.267 civitas academica Kampus IPDN yang turut hadir dalam acara halal bihalal tersebut.

            Acara halal bihalal ini dimulai dengan terlebih dahulu menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Revolusi Mental. Selanjutnya Gubernur IPDN memberikan sambutannya berupa ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Mendagri di Kampus IPDN Jatinangor. Acara dilanjutkan dengan halal bihalal atau ramah tamah yang merupakan acara informal, dimana seluruh hadirin yang hadir pada kesempatan kali itu dapat bersalam-salaman dengan Mendagri. Pada sesi wawancara yang dilakukan oleh Mendagri di Balairung didepan rekan pers, Beliau tidak lupa memberikan pesan-pesan kepada praja IPDN untuk menjauhi narkoba dan tidak memancing keributan. (Sumber : Humas IPDN)

Kamis, 20 Juli 2017. Bertempat di Desa Tegalongok, Kecamatan Karoncong, Kabupaten Pandeglang. IPDN secara langsung menyerahkan kunci rumah kepada Ibu Siti Hapsoh janda sebatang kara yang mendiami rumah di Desa Tegalongok. Penyerahan kunci ini merupakan salah satu kegiatan bedah rumah yang dilakukan IPDN pada acara Pelaksanaan PL I (Praktik Lapangan I) bagi Muda Praja di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Hadir pada kesempatan kali ini Kepala Biro I Bidang Administrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama IPDN yaitu Dr. Yusharto H. M.Pd. Dekan Fakultas Politik Pemerintahan IPDN yakni Dr. Ismail Nurdin, M.Si, Kabag Pelatihan Dr. Hj. Rinny Dewi Anggraeni, M.Pd serta Kabag Humas dan Protokol Dra. Nunung Royani, MM, turut hadir dalam kegiatan tersebut.

            Sekda Kabupaten Pandeglang dan Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Pandeglang turut hadir dan menyaksikan jalannya acara tersebut. Seperti yang diketahui bersama, rangkaian acara PL I merupakan kegiatan rutin Muda Praja IPDN yang dilakukan selama 14 hari. Untuk tahun akademik 2016/2017 kegiatan PL I dilakukan di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Tangerang. “Tidak hanya belajar untuk bersosialisasi langsung dengan masyarakat sekitar. Kita juga harus memiliki rasa empati dan simpati kepada masyarakat sekeliling kita. Oleh sebab itulah kami sepakat untuk melaksanakan acara atau kegiatan bedah rumah disini” tutur Kabag Humas dan Protokol IPDN. Raut kebahagiaanpun terpancar dari wajah Ibu Siti Hapsoh melihat rumahnya kini sudah layak huni kembali. Adapun maksud dan tujuan PL I bagi Muda Praja IPDN Kampus Jatinangor Angkatan XXVII tahun akademik 2016/2017 yakni memberikan pengalaman praktis bagi praja dengan terlibat secara langsung ke dalam berbagai aktivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dan perangkatnya serta masyarakat. (Sumber : Humas IPDN)

 

###

Bertempat di Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten Gubernur IPDN Prof. Dr. Ermaya Suradinata, S.H, M.H, M.S menyerahkan peserta Praktik Lapangan I kepada Gubernur Banten. Selasa, 11 Juli 2017 pukul 19.00 WIB Asisten Daerah I Kabupaten Tangerang menerima rombongan IPDN Kampus Jatinangor. Rombongan IPDN terdiri atas Muda Praja Putra sebanyak 70 orang, Muda Praja Putri sebanyak 30 orang dan anggota tetap sebanyak 7 orang. Kegiatan Praktik Lapangan (PL) ini akan berlangsung selama dua minggu.

Adapun maksud dan tujuan PL I bagi Muda Praja IPDN Kampus Jatinangor Angkatan XXVII Tahun Akademik 2016/2017 yakni memberikan pengalaman praktis bagi praja dengan terlibat secara langsung ke dalam berbagai aktivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dan perangkatnya serta masyarakat di Desa Kohod. Kegiatan yang akan dilakukan oleh para praja yakni administrasi pemerintahan desa, pembentukan dan pemberdayaan BUMDes, penyusunan profil desa, monografi desa dan lain sebagainya.

“ Praja harus pula dapat mewujudkan point-point dalam Tridharma Perguruan Tinggi, agar kelak kompetensi dasar yang dimilikinya dapat sempurna. Salah satu pointnya yakni dharma pengabdian kepada masyarakat. Inilah yang kami lakukan di Desa Kohod “, ujar Kabag Humas dan Protokol IPDN. (Sumber : Humas IPDN)

IPDN kembali memperkuat hubungan kerjasama dengan salah satu external public-nya yakni PT. Bank Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB). Senin, 17 Juli 2017 pada pukul 07.00 WIB bersamaan dengan dilaksanakannya Upacara Kesadaran Nasional di Lapangan Parade Kampus IPDN Jatinangor. Gubernur IPDN Prof. Dr. Ermaya Suradinata, S.H, M.H, M.S, memimpin langsung jalannya upacara ini. Pada kesempatan ini pun dilakukan penandatanganan nota kesepahaman dan penyerahan bantuan kendaraan operasional dari BJB kepada IPDN.

Pihak PT. Bank Jawa Barat dan Banten Tbk sendiri dihadiri langsung oleh Direktur Utama BJB yakni Ir. H. Ahmad Irfan, S.H, M.M, M.H serta perwakilan pimpinan cabang dan kepala unit BJB. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa BJB selaku publik eksternal IPDN melakukan kerjasama dalam bidang jasa pelayanan perbankan. Untuk kali ini, nota kesepahaman antara IPDN dan BJB berupa pelaksanaan porgram CSR (Corporate Social Responsibility) kepada IPDN. Diantaranya yakni menyerahkan dana CSR (Corporate Social Responsibility), C.O Branding dalam bentuk ID Card bagi seluruh jajaran staf IPDN, bantuan kendaraan operasional yakni ambulance serta bantuan dana dalam pembuatan kantin IPDN. Khusus untuk C.O Branding dalam bentuk ID Card, dimaksudkan bahwa Id Card seluruh jajaran staf IPDN selain berfungsi sebagai tanda pengenal juga berfungsi sebagai ATM Bank BJB.

“Saya sangat berterima kasih atas apresiasi dari BJB kepada kami. Semoga BJB menjadi Bank yang tetap eksis dan sukses”, tutur Gubernur IPDN. Hal serupa pun disampaikan Kabag Humas dan Protokol IPDN, “Landasan kerjasama ini adalah trust dan mutual understanding antara kami dengan BJB. Semoga kerjasama ini akan terus berjalan dengan baik”. Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah antara pihak IPDN dan BJB. (Sumber : Humas IPDN)

 

###

Selasa 11 Juli 2017 pukul 08.00 WIB bertempat di Alun-Alun Pandeglang, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, S.E, M.M menerima rombongan praja IPDN yang akan melakukan Praktik Lapangan I tahun akademik 2016/2017. Rombongan sendiri terdiri atas praja putra sebanyak 480 orang, praja putri sebanyak 317 orang dan pembimbing teknis dan tata usaha sebanyak 89 orang. Sehingga total rombongan sebanyak 886 orang. Pihak IPDN sendiri pada kesempatan kali ini diwakilkan oleh Deputi I Bidang Akademik IPDN yakni Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd.

Pada hari tersebut dilakukan pula penandatanganan berita acara serah terima peserta Praktik Lapangan (PL) I muda praja IPDN angkatan xxvii tahun akademik 2016/2017 di Kabupaten Pandelang Provinsi Banten. Sekaligus dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara IPDN dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Maksud dan tujuan penyelenggaraan PL I bagi praja IPDN Kampus Jatinangor adalah untuk mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu dharma pengabdian kepada masyarakat. “ Kita ingin menanamkan jiwa sosial yang tinggi dalam sanubari praja, agar kelak mereka tidak hanya berkompeten secara keilmuan tapi mempunyai jiwa sosial yang tinggi pula” ujar Kabag Humas & Protokol IPDN.

Lokasi kegiatan PL I tersebar di 6 Kecamatan di wilayah Kabupaten pandeglang yang meliputi 50 Desa. Kecamatan-kecamatan tersebut yakni Kecamatan Cadasari, Kecamatan Koroncong, Kecamatan Kaduheji, Kecamatan Mekarjaya, Kecamatan Banjar dan Kecamatan Cimanuk. PL I ini akan mencangkup kegiatan di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. PL I ini akan berlangsung selama 2 minggu. ( Sumber : Humas IPDN )

Main Menu