Agenda & Kegiatan

IPDN Kemendagri dan TNI AL Gelar Gebyar Vaksin Booster untuk Mendukung Pemerintah Akselerasi Vaksinasi

02 March 2022


IPDN, ipdn, IPDN Kemendagri dan TNI AL Gelar Gebyar Vaksin Booster untuk Mendukung Pemerintah Akselerasi Vaksinasi

Kendal (27/02/2022), sejumlah 7.798 orang masyarakat di 2 Kabupaten yakni Kab. Batang dan Kab. Kendal telah melakukan vaksinasi booster covid-19. Pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakan oleh IPDN Kemendagri bekerja sama dengan TNI AL dan relawan covid-19. Rangkaian gebyar vaksinasi booster ini telah dilakukan sejak tanggal 26 Februari 2022 dengan tujuan pertama yakni masyarakat yang ada di Kab. Batang. Rombongan nakes gabungan IPDN Kemendagri, TNI AL dan relawan covid-19 ini telah berhasil memberikan vaksinasi kepada 4.709 orang di Kabupaten Batang dan hari ini akselerasi vaksin covid 19 dilakukan di Kabupaten Kendal dengan jumlah masyarakat yang telah diberikan vaksin sebanyak 3.089 orang.

Sejumlah 62 orang nakes gabungan IPDN Kemendagri, TNI AL dan relawan covid-19 diterjunkan di 2 lokasi vaksinasi di Kabupaten Kendal yakni Pondok Pesantren Modern Selamet dan PT Mas Arya Indonesia Boja. Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M beserta Kadiskesal Laksamana Pertama Agus Guntoro dan Kasubdiskesprev Dikesal Kolonel Laut (K) drg. Agung Mai Setiana memantau langsung pelaksanaan gebyar vaksin ini. Sekda Kabupaten Kendal Moh. Toha., S.T., M.Si secara antusias turut hadir dalam pelaksanaan gebyar vaksinasi booster ini, mewakili Pemerintah Kabupaten Kendal. Rektor IPDN mengatakan bahwa akselerasi vaksinasi booster ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh IPDN. Tak hanya itu, ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut dies natalis IPDN yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2022. “Kami sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pemda setempat untuk pemilihan lokasi vaksin. Menurut Pemda, di Kendal belum ada vaksinasi booster memasuki pesantren dan dipilihlah pondok pesantren ini dan juga nanti ada 1 lokasi lagi yakni di PT Mas Arya Indonesia Boja”, tutur Hadi. Masih menurutnya, antusiasme warga Kendal dalam mengikuti vaksinasi booster ini cukup tinggi, “Alhamdulillah pelaksanaan berjalan dengan lancar, masyarakat dari segala golongan umur terlihat antusias mengikuti acara vaksinasi ini. Prokes juga tetap dijalankan. Semoga saja ini menjadi sinyal baik untuk dapat meningkatkan herd immunity di Kendal sesuai dengan instruksi Bapak Presiden “, ujarnya.

Sekda Kab. Kendal yang hadir bersama Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kendal Parno S.Pd.I., M.H., menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada IPDN Kemendagri, TNI AL dan relawan covid-19 yang telah bergerak cepat melakukan vaksinasi dengan menyusuri wilayah-wilayah di Provinsi Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Kendal. “Semoga dengan sudah terlaksananya vaksinasi booster ini, baik santri-santri, staf pengajar dan masyarakat umum yang ada disekitar ini merasa aman dan tidak was-was lagi dalam melaksanakam aktivitasnya. Insyaallah semuanya diberikan kesehatan dan terhindar dari virus covid-19 ini”, tutur Moh. Toha. Masih menurut Toha, ia berharap target 2.000 lebih masyarakat di dua lokasi titik vaksinasi ini bisa tercapai.

Pelaksanaan vaksinasi booster di Kendal sendiri sudah mulai dilaksanakan sejak bulan Januari 2022, namun pencapaian vaksinasi booster di Kendal ini belum memperlihatkan angka yang signifikan, “Vaksinasi dosis I itu persentasenya tinggi ada diangka 90%, dosis II diangka 80%. Nah yang menjadi permasalahan adalah di vaksin booster ini, persentasenya masih 3,14%. Semoga dengan hadirnya tim nakes dari IPDN, TNI AL dan relawan covid-19 ini dapat mempercepat capaian vaksinasi booster di Kabupaten Kendal”,ujarnya. Tak berbeda jauh dengan Rektor IPDN dan Sekda Kab. Kendal, Kadiskes TNI AL juga menyampaikan optimisme yang sama terkait pelaksanaan gebyar vaksinasi ini, “Sesuai dengan instruksi Panglima TNI dan Kasal, TNI harus turut serta membantu program-program pemerintah terkait percepatan vaksinasi untuk segera mencapai herd immunity.

Selanjutnya rangkaian gebyar vaksinasi booster ini akan dilaksanakan di Kota Semarang dengan 5 lokasi pelaksanaan, yakni Mall Tentrem, Klenteng Sam Poo Kong, Unika Soegijapranata, Poltekes Semarang dan Mesjid Al Wali.

  • Sumber Berita:

    La Ode Muhammad Alam Jaya, S.STP., M.Si
    Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas

  • By:

    Super Admin