Agenda & Kegiatan

Usung Topik Pemantapan Stabilitas Nasional dan Pemulihan Ekonomi, IPDN Gelar Stadium General

23 February 2022


IPDN, ipdn, Usung Topik Pemantapan Stabilitas Nasional dan Pemulihan Ekonomi, IPDN Gelar Stadium General

Jatinangor, Rabu (23/02/2022) Institut Pemerintahan Dalam Negeri melaksanakan kegiatan Stadium General secara daring dan luring dengan mengundang Gubernur Provinsi Jawa Barat, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan dan Gubernur Sulawesi Utara. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut dies natalis IPDN ke-66 yang akan digelar pada 17 Maret 2022. Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo, M.M bersama Dr. (HC). Moch. Ridwan Kamil, ST, H. Herman Deru, S.E., M.M dan Olly Dondokambey, S.E berbicara terkait tema penguatan ketahanan nasional melalui upaya pemantapan stabilitas nasional dan upaya percepatan pemulihan ekonomi didepan 7.120 orang, baik yang menyaksikan secara langsung maupun yang menyaksikan secara daring di channel youtube Humas IPDN. Stadium general ini dilaksanakan di Kampus IPDN Jatinangor dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang sangat ketat. Hal ini juga didukung dengan telah terlaksananya vaksinasi _booster_ covid-19 kepada seluruh praja dan ASN IPDN.

Rektor IPDN mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan _insight_ terkait peran pemerintah daerah dalam upaya pemantapan stabilitas dan percepatan pemulihan ekonomi daerah. “IPDN mengundang para gubernur yang memiliki prestasi cemerlang, khususnya dalam penanggulangan pandemi ini untuk berbagi ilmu pengetahuan terkait permasalahan stabilitas ekonomi, upaya-upaya pemulihan percepatan ekonomi, inovasi-inovasi yang dilakukan serta bagaimana mengambil kebijakan sehingga pertumbuhan ekonomi daerahnya itu dapat setara dengan pertumbuhan ekonomi nasional”, ujarnya. Masih menurut Hadi, Indonesia dihadapkan pandemi covid selama 2 tahun, ada beberapa target seperti RPJMN, RPJMD maupun indikator makro ekonomi baik nasional maupun daerah yang mengalami kelambatan. Pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi di triwulan IV tumbuh senilai 5,02%, namun apabila dikomulatifkan dari triwulan I s.d. IV ada pada angkat 3,69%. “Hal ini sudah sangat baik manakala kita lihat pertumbuhan ekonomi di tahun 2020 itu mencapai minus 2, 07%. Pertumbuhan 3,69% itu sudah sesuai dengan proyeksi pemerintah, kita sudah bisa bangkit memulihkan ekonomi baik nasional maupun daerah. Hal ini telah mengembalikan posisi Indonesia dalam kelompok pendapatan kelas menengah ke atas”, tutur Hadi.

Provinsi Jawa Barat, Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan memberikan kontribusi yang baik untuk pertumbuhan ekonomi nasional. “Secara ringkas, ekonomi Jabar tahun 2021 tumbuh sebesar 3,74%, Sulawesi Utara tumbuh sebesar 4,16% dan Sumatera Selatan tumbuh sebesar 3,58%. Oleh sebab itu lah kami mengundang ketiga Gubernur ini untuk berbagi ilmu tentang peran dan upaya pemerintah dalam pemantapan, percepatan dan peningkatan pemulihan ekonomi pada daerahnya masing-masing. Saya harapkan para praja dan semua yang menyaksikan baik secara daring maupun luring dapat memanfaatkan pembelajaran ini dengan sebaik-baiknya”, ujar Hadi. Pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Barat Moch. Ridwan Kamil, S.T., mendapatkan penghargaan Kartika Pamong Praja Madya dan alumni kehormatan dari IPDN. “Pemberian penghargaan ini diberikan atas jasa luar biasa Bapak Gubernur dalam pengembangan dan pembangunan IPDN serta pendayagunaan alumni IPDN di pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sampai saat ini saja sudah ada 11 orang alumni IPDN yang menduduki jabatan eselon II di Pemprov Jabar”, ujar Hadi Prabowo. Menurut Emil, kebijakan-kebijakan yang inovatif dihasilkan dari hasil _ngariung_ dengan rakyat, selain itu penanganan pandemi baik dari ketahanan nasional, kesehatan dan lain sebagainya tercipta dari aparatur sipil negara yang bekerja secara efektif serta dikomandoi oleh pemimpin yang dapat memberikan manfaat. Sedangkan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, S.E yang hadir secara daring memberikan _highlite_ terkait 10 prioritas pembangunan daerah seperti pemulihan ekonomi dan informasi sosial dampak pandemi, pembangunan konektifitas, peningkatan sarana pendidikan, peningkatan solidaritas dan lain sebagainya.” Program pemerintah di provinsi Sulut tetap memegang teguh pada misi yang disampaikan sejak pencalonan diantaranya peningkatan kualitas manusia, penguatan ekonomi bertumpu pada industri pertanian, perikanan, pariwisata dan jasa, pembangunan infrastruktur serta mewujudkan pemerintah yang baik dan bersih yang didukung oleh sinergitas antar daerah”, ujarnyaKegiatan stadium general ini masih akan berlanjut pada esok hari (Kamis, 24/02/2022) dengan mengusung tema dan narasumber yang berbeda. Tema stadium general untuk esok hari yakni terkait “Upaya dan Inovasi Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Kegiatan ini masih dapat disaksikan secara daring melalui channel youtube Humas IPDN.

  • Sumber Berita:

    Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas
    La Ode Muhamad Alam Jaya, S.STP., M.Si

  • By:

    Super Admin