Pengabdian Masyarakat

Latsitardanus ke-XLIII Resmi Ditutup

11 June 2023


IPDN, ipdn, Latsitardanus ke-XLIII Resmi Ditutup

Padang (11/06/2023), Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri yang turut serta dalam Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-XLIII di Sumatera Barat telah selesai melaksanakan pelatihannya. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IPDN, Dr. Yudi Rusfiana, S.IP., M.Si didampingi oleh jajaran pimpinan IPDN lainnya hadir dalam upacara penutupan Latsitardanus mewakili Rektor IPDN, Dr. Drs. Hadi Prabowo, M.M. Upacara penutupan ini dilaksanakan di Lapangan Istana Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Setelah kurang lebih 3 minggu, pelaksanaan yang dimulai dari 19 Mei sampai dengan 8 Juni 2023 resmi ditutup oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi. Sejumlah 100 orang praja bersama 360 taruna Akmil, 269 taruna Akpol, 113 taruna AAU, 97 taruna AAL, 40 orang dari BSSN dan 100 orang perwakilan mahasiswa lainnya kembali menuju ke kesatriaan masing-masing.
Gubernur Mahyeldi selaku Inspektur Upacara menyampaikan terima kasih kepada Rektor IPDN, Panglima TNI, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Danjen Akademi TNI serta seluruh pihak terkait yang telah memilih Provinsi Sumatera Barat sebagai lokasi penyelenggaraan Latsitardanus XLIII ini. “Semoga hal tersebut membuat Sumatra Barat mendapat kesan dan tempat khusus di hati praja, taruna-taruni dan mahasiswa sekalian,” tuturnya.
Selama melakukan kegiatan latsitardanus, praja IPDN dan seluruh peserta melakukan beberapa kegiatan diantaranya karya bakti dengan melakukan rehab jalan, bedah rumah tidak layak huni, pembangunan taman, pembersihan irigasi, gotong royong di kawasan wisata Kota Pariaman, penyuluhan terkait narkoba dan bela negara, promosi IPDN, Akmil, Akpol, AAU, AAL dan BSSN kepada siswa/i SMA/SMK di Kota Padang, konseling perubahan perilaku, tata laksana gizi buruk, penyuluhan pembuatan pupuk organik, sosialisasi kepada pelaku wisata dan UMKM di Kawasan Destinasi Wisata tentang Kepariwisataan (SAPTA PESONA) dan Sentra Produksi UMKM, sosialisasi terkait penanggulangan bencana alam dan sosialisasi terkait penggunaan media sosial yang bijak dan berkonten. Latsitardanus tahun ini juga akan digelar seminar dengan judul " Pembangunan Karakter Generasi Muda Bebas Kekerasan Menuju Generasi Emas Indonesia 2045".
Selain dihadiri oleh jajaran pimpinan IPDN, upacara penutupan latsitardanus dihadiri pula oleh sejumlah pejabat tinggi antara lain Danjen Akademi TNI, Letjen Teguh Arief, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, Komjen Pol Purwadi Arianto, Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos., Gubernur Akpol Irjen Pol Krisno H. Siregar dan para Gubernur Akademi TNI. Juga hadir Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI A. Daniel Chardin, Pangkoarmada I Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.I.K, S.H. serta beberapa jajaran pejabat TNI, Polri dan jajaran Forkopimda, Bupati, Walikota, se-Sumatera Barat.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IPDN mengatakan bahwa kegiatan ini selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat juga dapat dijadikan ajang silaturahmi dan ajang mempererat solidaritas antara praja IPDN dengan taruna taruni Akmil, Akpol, PSSN, mahasiswa dan masyarakat di sekitar pelaksanaan kegiatan. “Alhamdulillah kegiatan ini telah selesai dengan baik dan sukses, semoga kedepannya dapat memberikan nilai tambah dalam memperkuat persatuan antara pemuda-pemudi generasi penerus bangsa Indonesia”, ujar Yudi.

  • Sumber Berita:

    Kepala Bagian Hubungan Masyarakat
    La Ode Muhamad Alam Jaya, S.STP., M.Si

  • By:

    Humas