Agenda & Kegiatan

Stadium General Sesi II Digelar, 4 Walikota/Bupati Berprestasi Dihadirkan Menjadi Narasumber

24 February 2022


IPDN, ipdn, Stadium General Sesi II Digelar, 4 Walikota/Bupati Berprestasi Dihadirkan Menjadi Narasumber

Jatinangor (24/02/2022), Mengusung tema “Upaya dan Inovasi Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional”, Institut Pemerintahan Dalam Negeri kembali menggelar kegiatan stadium general sesi II yang merupakan rangkaian kegiatan pada acara dies natalis IPDN ke-66. Kali ini, Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M., mengundang Walikota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd dan Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP untuk menjadi narasumber pada kegiatan ini. Selain kegiatan stadium general yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini, IPDN akan melaksanakan kegiatan vaksin masal di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kota Semarang pada tanggal 26 s.d. 28 Februari 2022. Kegiatan vaksin masal yang bekerja sama dengan TNI AL ini masih merupakan kegiatan dalam rangkaian dies natalis IPDN ke-66.

Rektor IPDN mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan insight baru terkait upaya-upaya pemulihan ekonomi dan bagaimana antisipasi serta inovasi yang dilakukan pemerintah daerah dalam menyikapinya. “Semoga ini dapat menambah insight baru bagi para praja, ASN dan audiens terkait potensi-potensi daerah dari ke-4 Walikota dan Bupati yang akan hadir disini, juga terkait inovasi-inovasi yang dilakukan masing-masing pimpinan daerah didalam mengahadapi pandemi covid-19 serta upaya percepatan pemulihan ekonomi yang dilakukannya”, ujarnya. Menurut Hadi, ekonomi ini merupakan hal yang penting untuk kemajuan daerah, baik kaitannya terhadap capaian RPJMD maupun kontribusi capaian target RKP maupun RPJMN. Kabar baiknya adalah saat ini capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah sesuai dengan proyeksi pemerintah. Oleh sebab itulah menurutnya, kita harus melakukan usaha-usaha untuk mendorong kemajuan Indonesia. “Keberhasilan nasional Indonesia dalam pertumbuhan yakni senilai 3,69% dipengaruhi oleh keberhasilan nasional dalam pengendalian penanganan covid 19, tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi didalam penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi serta kebijakan stimulus dari pemerintah juga sinergitas beberapa otoritas didalam pemantapan stabilitas dan percepatan pertumbuhan ekonomi”, tuturnya.

Hal inilah yang mendasari Rektor IPDN untuk mengundang pimpinan-pimpinan daerah yang dinilai memiliki prestasi gemilang terutama dengan kaitannya terkait pertumbuhan ekonomi selama pandemi ini. “Makassar dibawah kepemimpinan Pak Mohammad Ramdhan ini, tahun 2021 mampu mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 4,65%, kiprahnya membangun Kota Makassar juga dapat dijadikan bahan percontohan untuk kita semua. Sedangkan Solo, Batu Bara dan Gorontalo ditengah pandemi juga masih bisa mempertahankan ekspornya. Kita lihat kemampuan ekspor di Solo mencapai 15,57%, Batu Bara 13,71% dan Gorontalo 10,97%. Ketiga daerah ini memiliki kemampuan yang baik dalam mempertahankan ekspornya ditengah pandemi”, ujar Hadi. Rektor IPDN juga kembali memberikan _highlite_ terkait posisi Indonesia yang saat ini masih menduduki ranking ke-73 dari 193 negara terkait pertumbuhan ekonominya. Sedangkan dari segi daya saing bisnis, Indonesia berada di posisi 37, “Ada kenaikan ranking dari segi daya saing, tahun 2020 kita berada di urutan ke 40 dari 64 negara, tahun ini ada di posisi 37. Kalau untuk daya saing digital kita ada diurutan ke-53”, ujarnya.

Pada kesempatan ini Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd memaparkan terkait desain skenario massa covid-19 yang diimplementasikan di daerahnya yakni pemulihan ekonomi dengan cara pertanian terpadu dan UMKM, pengembangan kesehatan serta transformasi birokrasi/pemerintahan transformatif. Sedangkan Walikota Solo yang hadir secara daring menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pemkot dalam rangka meningkatkan pemulihan ekonomi, “Kota solo terus bergerak membentuk kota tangguh yang berbasis kearifan dan potensi lokal, kebut vaksinasi dan kebut pemulihan ekonomi menjadi prioritas kota Surakarta. Kebut vaksinasi melalui berbagai kerja sama dengan organisasi kemasyarakatan, TNI Polri dan lain sebagainya. Percepatan vaksinasi, pemasifan testing, tracing dan treatment serta pemberdayaan masyarakat diharapkan mampu membentuk herd imunity yang tentunya akan berdampak kepada pemulihan ekonomi. Pemkot Solo juga menggelontorkan dana bansos dari dana APBD yang dialokasikan untuk penanganan covid. Selain itu pemerintah juga memberikan bantuan berupa handphone untuk membantu proses pembelajaran online dimasa pandemi. Selain itu pemkot juga meluncurkan UMKM digital dan pembayaran non tunai di 44 pasar tradional dan modern”, ujarnya.

Tak berbeda dengan Kota Solo, Bupati Batu Bara juga menyampaikan salah satu upaya pemulihan ekonomi daerah yakni dengan membangun dan memfasilitasi UMKM daerah. “Kami membangun Pusat Layanan Usaha Terpadu, rumah produksi bersama kluster cabai merah, memfasilitasi pemasaran produk UMKM serta menggandeng BUMDes untuk menjalin kemitraan dengan pelaku koperasi dan UMKM”, ujarnya. Inovasi-inovasi seperti 5.000 startup Lorong, 5.000 lorong wisata, incubator center, makassar virtual economic center, 1,5 juta QR code penduduk, 300.000 QR code rumah menjadi inovasi terbaik yang dibangun oleh Walikota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto.

  • Sumber Berita:

    Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas
    La Ode Muhamad Alam Jaya, S.STP., M.Si

  • By:

    Super Admin