Pengabdian Masyarakat

Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa, IPDN Kemendagri Kampus Sulsel Laksanakan Pengabdian Masyarakat Berbasis Program Studi.

14 October 2023


IPDN, ipdn, Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa, IPDN Kemendagri Kampus Sulsel Laksanakan Pengabdian Masyarakat Berbasis Program Studi.

Gowa (14/10/2023). Tingkatkan kapasitas aparatur desa dan pemberdayaan masyarakat, IPDN Kemendagri Kampus Sulawesi Selatan laksanakan pengabdian masyarakat berbasis program studi di Balai Desa Pallangga, Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Direktur IPDN Kampus Sulawesi Selatan Prof. H. Murtir Jeddawi, S.H., S.Sos., M.Si yang hadir pada kegiatan tersebut menyatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan pemberian materi terkait penyusunan profil desa, Badan Usaha Milik Desa, penyusunan RPJM desa dan RKP desa serta pemaparan terkait teknologi-teknologi yang tepat guna dalam pembuatan keripik dan tempe. Hadir menjadi narasumber kegiatan ialah perwakilan dosen dan praja dari IPDN Kampus Sulawesi Selatan.
“Salah satu materi yang kami berikan pada kegiatan ini yakni bagaimana menciptakan konsep dan sistem perencanaan pembangunan desa. Didalamnya dijelaskan terkait pedoman penyusunan rancangan RPJM desa, RJP desa dan DURK RKP desa. Hak dan kewenangan serta mengenali sumber-sumber kekayaan desa juga dipaparkan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar”, ujar Prof. Murtir. Masih menurutnya, masyarakat di Desa Pallangga pun diberikan pemahaman terkait administrasi pemerintahan desa diantaranya pengelolaan administrasi umum, administrasi penduduk, administrasi keuangan, administrasi pembangunan dan lain sebagainya. Tak hanya terkait administrasi desa, kegiatan kali ini juga memfokuskan kepada kajian teknologi tepat guna. “Masyarakat di Desa Pallangga diberikan inovasi terkait pengemasan produk yang kekinian dan juga kiat-kiat pemasaran yang efektif dan tepat guna”, ujarnya. Beberapa kiat pemasaran seperti kualitas produk, penyesuaian produk dengan pangsa pasar, packaging produk, kepercayaan konsumen, pemanfaatan tester produk, komunikasi dan lain sebagainya.

  • Sumber Berita:

    Kepala Bagian Hubungan Masyarakat
    La Ode Muhamad Alam Jaya, S.STP., M.Si

  • By:

    Humas