Agenda & Kegiatan

Laksanakan BKP, Praja IPDN Berikan Masker Gratis Kepada PKL di Indramayu

24 January 2022


IPDN, ipdn, Laksanakan BKP, Praja IPDN Berikan Masker Gratis Kepada PKL di Indramayu

Indramayu (20/01/2022), sejumlah 1.994 orang praja utama angkatan XXIX Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) mulai melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja (BKP) di masing-masing provinsi daerah asal pendaftaran. Salah satu kelompok yang sudah melakukan kegiatan BKP ini yakni praja utama yang berada di Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Hari ini para praja di Kecamatan Karangampel melakukan pengabdian masyarakat dengan target khalayak para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada disekitar Kecamatan Karangampel. Praja IPDN memberikan edukasi terkait pemahaman pentingnya menerapkan protokol kesehatan pada saat berjualan dan juga terkait pentingnya mengikuti kebijakan yang diberikan pemerintah dalam upaya melakukan pencegahan penyebaran covid 19 dengan turut serta melakukan vaksinasi.



Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M menyampaikan bahwa momentum BKP ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para praja sebagai ajang penerapan kompetensi pengetahuan dan keterampilan berbasis program studi untuk diabadikan kepada masyarakat dan organisasi pemerintahan daerah tempat mereka melaksanakan kegiatan BKP. “Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh praja IPDN selama BKP yakni yang dilakukan oleh praja di Indramayu, mereka selain memberikan edukasi atau pemahaman terkait pentingnya menerapkan prokes khususnya terkait penggunaan masker pada saat sedang berjualan, mereka juga secara bertahap mulai membagikan masker gratis kepada para pedagang kaki lima yang sedang berjualan di sekitar area tersebut”, ujar Hadi Prabowo. Dalam kegiatan pembagian masker gratis ini, para praja utama IPDN didampingi oleh staf Ketenteraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Karangampel. Masih menurut Rektor IPDN, salah satu kegiatan BKP yang dilakukan di Indramayu ini yakni memberikan pemahaman terkait prokes dan pembagian masker gratis dilaksanakan sebagai bentuk pencegahan penyebaran covid 19 dalam kegiatan ekonomi dan menciptakan ketertiban dalam masyarakat di sekitar Kecamatan tersebut. BKP sendiri merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh praja utama IPDN pada semester 7 sebagai bentuk pengamalan tri dharma perguruan tinggi. “Terhitung sejak tanggal 17 Januari s.d 5 Februari 2022, para praja ini dibekali pengalaman belajar secara empirik ditengah-tengah kehidupan masyarakat, secara nyata. Jadi nanti mereka akan turut membantu mengambil bagian dalam memecahkan persoalan masyarakat sekitar dengan berdasarkan kompetensi keilmuan dari program studi masing-masing yang mereka dapat di kampus”, tuturnya.



Kegiatan BKP ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praja dalam mencermati serta memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar yang berkaitan dengan program studi yang mereka ambil di kampus. Tahun ini, BKP yang dilaksanakan oleh IPDN mengusung tema “Pemulihan Ekonomi Pasca Penanganan Pandemi Covid-19”. “Selama melakukan BKP, praja akan melakukan orientasi penjajagan ke masyarakat dan wilayah lokasi BKP mereka untuk melihat visibilitas program yang telah mereka rancang dan menemukan hal baru yang berpotensi untuk dikembang. Jadi nanti akan ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh para praja sesuai dengan permasalahan yang mereka temui di lapangan”, ujar Hadi Prabowo.

  • Sumber Berita:

    Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas
    Ervin Fahlevi, S.Sos., M.M

  • By:

    Super Admin