Agenda & Kegiatan

Rektor IPDN Lantik Pejabat Pelaksana Akademik di Lingkungan IPDN.

08 May 2024


IPDN, ipdn, Rektor IPDN Lantik Pejabat Pelaksana Akademik di Lingkungan IPDN.

Jakarta (08/05/2024), Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M secara resmi melantik pejabat pelaksana akademik di lingkungan IPDN. Pelantikan ini dilaksanakan di Aula Zamhir Islami IPDN Kampus Cilandak dan dihadiri oleh jajaran pimpinan IPDN beserta perwakilan civitas akademika IPDN. Pejabat yang dipercaya mengemban tugas baru tersebut yakni Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, M.M selaku Kepala Lembaga Penelitian IPDN, Afif Syarifudin Yahya, S.IP., M.Si sebagai Kepala Pusat Penelitian Strategis pada Lembaga Penelitian, Dr. Meliasta Hapri Tarigan, AP, M.SI sebagai Ketua Program Studi Politik Indonesia Terapan Fakultas Politik Pemerintahan, Ardika Nurfurkon, S.STP., M.H sebagai Kepala Unit Laboratorium Program Studi, Pangkalan Data dan Sistem Informasi pada Fakultas Politik Pemerintahan, Dr. Dadang Supriatna, S.Sos., M.Si selaku Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Fakultas Perlindungan Masyarakat dan Ratno Eko Jati Prasetyo, S.STP sebagai Kepala Unit Pengamanan Dalam pada IPDN Kampus Kalimantan Barat.

“Saya ucapkan selamat kepada para pejabat yang telah dilantik hari ini, saya percaya bahwa para pejabat yang dilantik ini akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan”, ujar Hadi. Tak lupa Rektor IPDN juga berpesan kepada para pejabat terkait untuk dapat melaksanakan tugas dengan maksimal, “Saya harap Lembaga Penelitian di IPDN kedepannya dapat membuat penelitian-penelitian yang tidak hanya formalitas tapi berkualitas dan bersifat kuantitatif, harus lebih baik lagi. Karena sebagai lembaga penelitian acuannya harus mengerucut kepada tupoksi Kemendagri yakni bidang politik dalam negeri, bidang desentralisasi, bidang otonomi daerah, bidang pelayanan administrasi kependudukan, bidang pembinaan kewilayahan dan pembangunan daerah, bidang pemerintahan desa serta penguatan tata laksana dan kelembagaan”, ujarnya. Beliau juga mengingatkan kepada pejabat terkait untuk memfokuskan dirinya pada bidang program studinya. “Kini masing-masing fakultas IPDN memiliki lembaga penelitiannya sendiri. Sehingga diharapkan IPDN semakin banyak memberikan sumbangsih saran kepada Kemendagri dengan berdasar kepada penelitian-penelitian unggul yang dilakukan. Kita juga memiliki laboratorium, jangan hanya menerima data dari Pusdatin namun kita juga harus analisis data tersebut supaya dapat dijadikan masukan untuk seluruh komponen Kemendagri”, ujarnya. Prof. Hadi juga kembali mengingatkan para pejabat IPDN untuk tetap berkomitmen dalam melengkapi dokumen akreditasi.
Diakhir sambutannya, Rektor kembali menegaskan para pejabat yang baru dilantik untuk bekerja dengan baik. “Jangan terjebak dengan rutinitas dan pola lama, tapi harus penuh dengan inovasi dan terobosan baru supaya IPDN ini makin maju. Apalagi tantangan kita kedepannya adalah menghadapi perguruan tinggi umum yang memiliki jurusan atau fakultas ilmu pemerintahan”, tuturnya. Masih menurutnya, Ia berharap seluruh pejabat yang dilantik dapat mengedepankan integritas, melakukan kerja sama dan komunikasi dengan berbagai pihak serta berorientasi pada output dan outcome juga pelayanan publik serta kemampuan dalam meningkatkan kapasitas diri dan lingkungan.

  • Sumber Berita:

    Kepala Bagian Hubungan Masyarakat
    La Ode Muhamad Alam Jaya, S.STP., M.Si

  • By:

    Humas