Agenda & Kegiatan

Bergerak Maju Menuju Industri 4.0 , IPDN Gelar Seminar Nasional

02 December 2021


IPDN, ipdn, Bergerak Maju Menuju Industri 4.0 , IPDN Gelar Seminar Nasional

Jatinangor, (29/10/2019) pada pukul 08.00-16.00 WIB, bertempat di Gedung Balairung Jenderal Rudini, Kampus IPDN semakin mempersiapkan diri bergerak maju menuju Industri 4.0. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya Seminar Nasional oleh Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN dengan tema “Manajemen Pemerintahan di Era Revolusi Industri 4.0”. Wakil Rektor Bidang Akademik IPDN, Dr. Detty Mulyati, S.H., CN., M.Hum mewakili Plt. Rektor IPDN membuka acara seminar nasional dengan didampingi Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan Dr. Drs. H. Ismail Nurdin, M.Si dan para Wakil Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan. Sebanyak 244 peserta yang terdiri dari dosen IPDN dan peserta dari luar IPDN (peserta dari instansi-instansi pemerintahan dan universitas-universitas selain IPDN) serta 680 praja Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN turut hadir mengikuti seminar nasional ini.

Seminar ini merupakan aktivitas ilmiah yang terus dikembangkan di Institusi Pendidikan Tinggi (terutama di IPDN) sebagai bagian dari budaya akademik yang tentunya selain dapat memberikan feedback bagi pengembangan ilmu dan kajian pada suatu studi tertentu, juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada pemerintah dan masyarakat. Nara sumber pembuka dalam acara seminar ini yakni, Dr. Andi Fashar M. Padjalangi, S.H (Bupati Bone, Sulawesi Selatan), Dr. Genius Umar S.Sos., M.Si (Walikota Pariaman, Sumatera Barat), Dr. Herman Suyatman, M.Si (Sekda Sumedang, Jawa Barat) dan Prof. Dr. Sadu Wasistiono, M.S (Kepala Riset dan Pengkajian Strategi Pemerintahan IPDN). Selanjutnya acara seminar nasional ini akan dilaksanakan dalam bentuk diskusi panel dengan narasumber perwakilan dosen IPDN, diantaranya Dr. Rahmawati Sururama, S.STP, M.Si, Drs. Mustaufik Amin, M.Si, H. Basuki Rahmat, SE, MM, Dr. Megandaru K, S.IP dan Ahmad Riva’i, S.Pd, M.Si. Sedangkan Prof. Dr. Nurliah Nurdin, M.A bertindak sebagai moderator. Selain penyampaian materi-materi mengenai perkembangan industri, seminar kali ini juga memberi kesempatan kepada peserta yang ingin memaparkan hasil karya tulisannya dihadapan peserta seminar yang lain. Artikel atau karya tulis yang terkumpul pada seminar ini yakni sebanyak 80 artikel, 25 artikel terpilih untuk dipresentasikan dihadapan seluruh peserta seminar pada sesi pararel nanti.

Wakil Rektor Bidang Akademik IPDN menyampaikan harapan yang besar atas terlaksananya seminar nasional ini, “ Harapan saya semoga seminar ini, dapat melahirkan pemikiran baru dalam pengembangan baik secara teoritis maupun secara praktis sehingga selain wahana pembelajaran dan pemutakhiran pergaulan intelektual juga memberikan kemanfaatan bagi civitas academika IPDN dalam mencermati segala perubahan positif , menuju manajemen pemerintahan yang modern”. “Kami mengucapkan terima kasih atas respon dan antusiasme yang ditunjukan oleh masyarakat akademik se-Indonesia, bahkan luar negeri. Antusiasme akademik yang diejawantahkan melalui minta yang tinggi dari para akademisi, praktisi dan peneliti untuk berpartisipasi mengambil peran sebagai penulis karya tulis atau artikel ilmiah pada seminar nasional ini”, ujar Ketua Penyelenggara seminar, Dr. Dr. Drs. H. Ismail Nurdin, M.Si.

  • Sumber Berita:

    Humas IPDN

  • By:

    Super Admin