Pengabdian Masyarakat

Gencar Lakukan Vaksinasi Hingga Perbatasan Timur Ujung Negeri, IPDN dan TNI AL Kunjungi Kabupaten Keerom Papua

04 December 2021


IPDN, ipdn, Gencar Lakukan Vaksinasi Hingga Perbatasan Timur Ujung Negeri, IPDN dan TNI AL Kunjungi Kabupaten Keerom Papua

Jayapura, Rabu (15/09/2021) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bersama dengan TNI AL gencar lakukan vaksinasi covid 19 hingga perbatasan timur ujung negeri yakni di Distrik Arso Kabupaten Keerom, Jayapura Papua. Vaksinasi Masal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan implementasi program Presiden RI tentang percepatan vaksinasi masal di Papua. Pada hari ketiga ini, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di 4 titik yang ada di Kabupaten Keerom dengan target 3.500 orang. Target vaksinasi ini yakni masyarakat sekitar Kabupaten Keerom. Gebyar vaksinasi yang dilakukan oleh IPDN dan TNI AL ini telah dilaksanakan sejak tanggal 13 September 2021 dan akan berakhir pada tanggal 20 September 2021. Selain melakukan vaksinasi, IPDN melalui IPDN Kampus Papua juga melaksanakan bakti sosial dengan memberikan paket sembako kepada masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi.

“Jadi hari ini tim Nakes gabungan berangkat dari Lantamal X menuju 4 titik di Distrik Arso dengan membawa 3.500 dosis vaksin covid 19 jenis sinovac. Keempat titik itu yakni Kampung Dukwia, Kampung Yammua, SMA Pembangunan 6 Yapis dan SMAN 1 Arso. Target pemberian vaksin ini untuk masyarakat sekitar meliputi Kampung Dukwia, Kampung Warbo, Kampung Ifia Fia, Kampung Yaturaharja, Kampung Yammua, Kampung Jaifuri, Kampung Arsopura, Kampung Wiantre, Kampung Intaimelyan dan kampung-kampung lain disekitarnya”, ujar Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo, MM. Gebyar vaksinasi pada hari pertama dilakukan di Aula Kampus IPDN Papua dengan target pemberian vaksinasi ialah para atlet penyelenggara Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Ke-16 Papua Tahun 2021 serta masyarakat Kota Jayapura khususnya pelajar SMP dan SMA serta mahasiswa. Vaksinasi dilanjutkan pada tanggal 14 September 2021 untuk masyarakat di Kabupaten Jayapura yang berlokasi di Kantor Bupati Jayapura dan Stadion dengan target 3.000 orang. Rektor IPDN disela-sela kunjungannya ke Papua dalam rangka monitoring kegiatan vaksinasi mengatakan bahwa, pelaksanaan bakti sosial berupa vaksinasi masal ini merupakan salah satu implementasi program arahan Bapak Presiden dalam rangka percepatan vaksinasi untuk masyarakat Papua serta merupakan bentuk dukungan terhadap pelaksanaan PON ke-XX di Papua. “Total vaksin yang kami bawa mencapai 10.000 dosis vaksin. Semoga target ini dapat tercapai demi segera terwujudnya herd immunity di Indonesia khususnya di Papua bisa mencapai 70 persen, sesuai dengan target yang diberikan oleh pemerintah pusat”, ujarnya.

Selain melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Daerah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Dinas Pendidikan Provinsi Jayapura, IPDN dan TNI AL juga berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan untuk melakukan vaksinasi di dalam KRI Suharso. Masih menurut Rektor IPDN, target pemberian vaksin di dalam KRI Suharso yakni 2.000 dosis yang diperuntukan bagi masyarakat di wilayah Jayapura Utara dan Jayapura Selatan. “Nanti lokasinya yakni di Pelabuhan Jayapura, masyarakat yang akan melakukan vaksinasi juga dapat turut serta melihat alutsista KRI Soeharso dan segala kelengkapannya”, ujarnya. Untuk pelaksanaan vaksinasi di Papua ini, jumlah tenaga kesehatan yang diterjunkan yakni tenaga kesehatan gabungan dari tim IPDN, tim Mabes TNI AL, Lantamal X Jayapura, Dinkes Kota Jayapura Polres Jayapura, Polres Keerom, Polresta Jayapura, Puskesmas Arso Barat, Puskesmas Arso Kota dan Puskesmas Arso III dengan total nakes sebanyak 71 orang. Sebelumnya IPDN bersama TNI AL juga telah melaksanakan gebyar vaksinasi massal untuk masyarakat di sekitar lingkungan Kampus IPDN Jatinangor pada tanggal 20 s.d 21 Agustus 2021 dengan jumlah peserta mencapai 7.500 orang.

  • Sumber Berita:

    Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas
    Ervin Fahlevi, S.Sos., MM

  • By:

    Super Admin